BISNIS KECIL DAN BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK DONAT BAKAR

Awal dari bisnis besar adalah bisnis kecil, Bisnis kecil merupakan bisnis yang dioperasikan dan dimiliki secara independen dan tidak terlalu mendominasi pasar. Bisnis kecil memiliki kelompok bisnis utama, diantaranya jasa, konstruksi, keuangan dan asuransi, grosir, eceran, perakitan serta transportasi. Biasanya bisnis kecil dapat berkembang lebih cepat, hal ini disebabkan oleh konsep pemasaran yang tepat dan pertimbangan yang cermat atas tiap tiap elemen bauran pemasaran.

Untuk lebih memahami tentang bisnis kecil dan bauran pemasaran ini, mari kita ambil contoh bisnis donat bakar. Bisnis ini termasuk ke dalam bisnis kecil, karena bisnis ini biasanya dimiliki oleh individu atau perorangan dan belum terlalu mendominasi pasar. Seperti teori di atas, bisnis ini dapat berkembang karena adanya bauran pemasaran yang cermat. Untuk itu mari kita lihat, bagaimana bauran pemasaran bisnis ini ??

Bauran pemasaran biasanya mencakup 4P, yaitu Produk ( Product ), Penetapan harga ( Price ), Distribusi ( Place ) dan yang terakhir adalah Promosi ( Promotion ). Mari kita bahas satu satu tentang 4P ini dalam bisnis donat bakar.

1. Produk ( Product )

Semua orang tentu tau Donat, donat merupakan makanan yang berbentuk seperti cincin yang dipanggang kemudian diberi toping diatasnya. Itu merupakan hal yang sudah biasa, tetapi sekarang ada kreasi baru yang dapat meningkatkan penjualan produk donat yaitu donat bakar. Donat bakar merupakan suatu produk makanan yang banyak digemari oleh masyarakat ( konsumen ) dan memiliki perbedaan dari donat donat yang lain. Perbedaan tersebut terletak pada proses pembuatannya yaitu donat dibakar terlebih dahulu sebelum diberi topping,  sehingga konsumen bisa menikmati sensasi donut dalam keadaan hangat dengan lumeran cokelat yang begitu lezat serta  menggoda dengan berbagai varian rasa. Donat bakar memiliki bermacam-macam variasi rasa seperti jagung bakar, balado, blueberry, durian, cokelat glaze, cappucino, tiramisu, kacang, keju, donat ala burger, sosis sapi, dan lain lain. Saat ini Donat bakar telah memiliki 29 variasi rasa, dan akan terus dikembangkan diwaktu mendatang). Dari contoh di atas, dapat kita simpulkan, Produk adalah hasil dari proses produksi ( dapat berupa barang, jasa atau gagasan ) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Yang harus diperhatikan dalam suatu produk adalah bagaimana kita menciptakan ciri atau citra yang membuat produk kita berbeda dari pesaing.

2. Penetapan harga ( Price )

Penetapan harga adalah strategi menyeleksi harga yang paling tepat untuk menjual produk. Harga donat bakar ini berkisar dari Rp 9000,00 sampai Rp 13000,00. Harga ini ditinjau dari bahan bahan yang digunakan dalam pembuatan donat. Selain ditinjau dari segi bahan bahannya, penetapan harga ini juga ditinjau dari berapa banyak perlengkapan yang menunjang dalam penjualan donat bakar ini.

3. Distribusi ( Place )

Place merupakan kegiatan bisnis untuk membuat produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah terjangkau oleh konsumen, dan dapat tersedia pada sasaran pasar yang tepat. Variabel tempat juga meliputi saluran distribusi untuk menjangkau konsumen yang tersebar luas. Sehingga beberapa perusahaan membuka kantor cabang di daerah – daerah untuk memudahkan konsumennya. Pemasaran donat bakar ini, biasanya bertempat di depan sekolah dan pusat perbelanjaan. Dua tempat ini merupakan tempat yang strategis dalam pemasaran donat bakar ini, karena tempat ini merupakan tempat yang ramai, dan dapat menarik konsumen yang banyak. Saat ini, pemasaran donat bakar tidak hanya di Jakarta, tetapi sudah sampai ke Solo dan Jawa Timur.

4. Promosi ( Promotion )

Promotion adalah kegiatan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa pada pasar sasaran, untuk membangun persepsi pelanggan mengenai produka atau jasa yang ditawarkan. Konsep promosi yang biasa digunakan antara lain periklanan, public relation, promosi penjualan, menjual sendiri produk tersebut, serta pemasaran langsung. Promosi yang dilakukan donat bakar ini dengan cara membuat blog. Cara ini sangat membantu dalam perkembang bisnis donat bakar ini, karena semua orang dapat mengakses blog ini. Dan di dalam blog tersebut dijelaskan berapa modal yang dibutuhkan, bagaimana kita bisa memulai bisnis ini dan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini. Dengan cara seperti ini, tentu orang akan tertarik untuk memulai bisnis. Selain itu, cara ini juga tidak memerlukan biaya yang besar.

NAMA           : RIYANI KUSUMAWATI

KELAS           : 1EB10

NPM               : 26210084

2 thoughts on “BISNIS KECIL DAN BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK DONAT BAKAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s