SAMPAH MENJADI LADANG BISNIS

Mendengar kata sampah, semua orang akan beranggapan kotor dan tidak ada gunanya. Tetapi bagi sebagian orang, sampah dapat dijadikan ladang untuk bisnis. Baginya, bisnis sampah cukup menjanjikan dan memiliki prospek masa depan yang bagus.

Contohnya sampah kertas, kertas dapat di daur ulang kembali menjadi bungkus semen. Kita tahu, pabrik semen di Indonesia sangat banyak, tentu pabrik tersebut membutukan pembungkus semen yang banyak bukan untuk mengemas semen tersebut. Bagi para pelaku bisnis seperti ini, tentu akan mendatangkan untung yang besar. Selain menjadi bungkus semen, sampah kertas yang didaur ulang juga dapat dijadikan barang siap pakai seperti tempat pensil, kartu ucapan, pigura, memo, bingkai dan sebagainya.

Tidak hanya sampah kertas yang dapat dijadikan ladang bisnis. Saat ini, sampah plastik pun bisa kita manfaatkan, seperti bungkus permen dan  bungkus sabun. Sampah ini bisa kita sulap menjadi tas cantik, dompet bahkan jaket. Plastik yang sifatnya susah di uraikan ternyata bisa menjadi barang yang bernilai dan lebih berguna. Untuk membuat barang-barang tersebut, tentu ada prosesnya. Pertama kita harus mengumpulkan sampah plastik, kemudian kita cuci bersih selama satu hari. Setelah itu kita jemur dan keringkan. Apabila sudah dicuci dan dijemur, lantas dijahit menjadi tas cantik, dompet dan jaket. Belakangan ini, tas dan dompet dari plastik menjadi primadona anak remaja, terutama perempuan.

Limbah rumah tangga pun bisa kita gunakan, contohnya sisa sayuran. Sampah ini bisa kita jadikan pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanaman.

Sampah yang tidak bisa di apa-apakan lagi, bisa kita padatkan menjadi biomasa yang banyak dibutuhkan perusahaan / pabrik sebagai pengganti BBM yang semakin melangit harganya.

Memperoleh keuntungan dari barang bekas dapat menjadi alternatif daripada hanya menimbun di rumah dan akhirnya hanya menjadi barang yang tidak berguna.

Bisnis ini dapat membantu kita di tengah perekonomian negara yang sedang pasang surut. Dalam bisnis ini, kita dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak. Tidak hanya dalam bidang ekonomi, dalam hal melestarikan lingkungan, bisnis ini cukup membantu.

Penggunaan barang bekas atau barang rongsokan yang diperjualbelikan tidak akan habis karena nantinya akan di daur ulang dan siap untuk digunakan kembali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s